KONSULTAN FEASIBILITY STUDY, BISNIS PLAN, MANAJEMEN RITEL, CHANGE MANAGEMENT, AKUNTANSI DAN KEUANGAN. REKO HANDOYO-081389411679, 081932985325

Konsultan Study Kelayakan, Feasibility Study Consultant, Kelayakan Study Bisnis, Konsultan Study Kelayakan Bisnis, Konsultan Feasibility Study, Consultant Feasibility Study Indonesia, Consultant Feasibility Study, Indonesia Consultant, Consultant, Feasibility Study Bisnis Consultant, Konsultan Kelayakan Study, Konsultan Study Kelayakan Bisnis, Call Now REKO HANDOYO: 081389411679, 081932985325,PT. Sien Corpora, 021-98567515, email: reko.handoyo@gmail.com

Posted in Uncategorized by manajemenconsultant on Desember 12, 2008

STUDI KELAYAKAN BISNIS

studi kelayakan bisnis adalah suatu analisis terhadap viability (diteruskan atau tidak) suatu ide. Fokus dari suatu studi kelayakan adalah untuk mampu menjawab pertanyaan penting “should we procced with the proposed project idea?”, sehingga segala aktivitas dalam studi kelayakan bertujuan untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Mengetahui lebih awal bahwa suatu ide tidak bekerja sesuai diharapkan akan dapat mencegah penggunaan uang, waktu dan sumber daya secara sia-sia.

Feasibility Study vs Bussiness Plan
Studi Kelayakan Bisnis bukanlah suatu bussiness plan, hal ini seringkali disalah artikan.
Studi Kelayakan memiliki fungsi investigasi, sedangkan business plan memiliki fungsi planning/perencanaan yang beisikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkan suatu proposal dari suatu ide menjadi kenyataan.

Studi Kelayakan Bisnis mempertimbangkan dan mengkaji beberapa alternatif, yang nantinya akan dikaji untuk mendapatkan alternatif terbaik, sedangkan business plan berisi hanya satu alternatif.

Hasil dari studi kelayakan bisnis akan menjadi basis bagi business plan yang mulai dipersiapkan jika sudah diketahui bahwa suatu alternatif itu layak untuk dilanjutkan. Business plan berisikan “blueprint” dari project implementation.

Kenapa perlu dilakukan Feasibility Study?
Jika kita mengkaji investasi-investasi yang telah berhasil, akan kita temui bahwa rencana investasi tidak akan dilakukan tanpa melalui proses penilaian terhadap hal-hal penting dan menganalisis kemungkinan keberhasilan dari investasi yang akan dilakukan. Karena iti Studi Kelayakan merupakan suatu langkah krisis dan penting dalam suatu investasi. Jika dilaksanakan secara tepat akan memberikan investasi yang terbaik.

Berikut ini adalah alasan kenapa Studi kelayakan bisnis perlu untuk dilaksanakan.
a. Memunculkan beberapa alternatif sehingga memberikan arah atau fokus terhadap rencana investasi.
b. Mengurangi alternatif-alternatif yang ada.
c. Memberikan alasan untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan suatu investasi.
d. Meningkatkan kemungkinan untuk sukses atau tercapainya tujuan investasi dengan cara mengidentifikasikan dan menanggulangi pengaruh dari proyek sedini mungkin.
e. Menyediakan informasi yang berkualitas bagi pengambil keputusan.
f. Menyediakan bahan untuk menarik minat investor.

Lingkup Kegiatan Feasibility Study
Secara umum suatu studi kelayakan terdiri atas 3 (tiga) komponen utama yaitu:
a. Analisis Kebutuhan
b. Kelayakan Teknis
c. Kelayakan Finansial

a. Analisis Kebutuhan
Hal paling penting yang harus dikaji dalam suatu studi kelayakan bisnis adalah ada tidaknya potensi kebutuhan akan investasi yang dimaksud. Data-data yang dibutuhkan didapat dengan melakukan survey/pengumpulan data sekunder maupun primer serta kajian yang tepat.

b. Kelayakan Teknis
Secara teknik perlu dilakukan kajian terhadap lokasi investasi yang tepat serta solusi-solusi teknik dalam proyek tersebut.

c. Kelayakan Finansial
Berdasarkan estimasi yang dilakukan untuk 2 aspek di atas, analisis kelayakan finansial dapat dilakukan. Hal-hal yang perlu diketahui adalah:
• Start-Up Costs
• Operating Costs
• Revenue Projections
• Sources of Financing
• Profitability Analisis

Hasil Studi Kelayakan Bisnis
Hasil dari suatu studi kelayakan akan berisikan kajian secara mendalam atas berbagai alternatif tersebut.
Penentuan alternatif terbaik bukan merupakan target suatu studi kelayakan bisnis , karena yang harus disajikan adalah atas masing-masing alternatif secara mendalam. Adalah bukan tugas dari pelaksana studi kelayakan bisnis untuk menentukan apakah investasi tersebut dihentikan atau diteruskan. Keputusan atas hal ini ada di pemberi pekerjaan.

DAPATKAN INFORMASI LENGKAP MENGENAI STUDY KELAYAKAN BISNIS HANYA TELP KE:

REKO HANDOYO, S.IP
Business Consultant
SIEN CONSULTANTS
Mobile: 0819 32985325, 081389411679,
Kantor telp: 021-98567515 fax: 021-5682655
email: reko@sienconsultant.com, reko.handoyo@gmail.com

http://digg.com/business_finance/Konsultan_Study_Kelayakan_Feasibility_Study_Consultant_2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: